Minggu, 04 Desember 2016

Kopi Lampung (Kopi Luwak)

Heyy heyyy heyyy...
Kembali lagi nih sama saya, kali ini saya akan membahas tentang Kopi Lampung. Langsung saja yuk di mulai 😊


Bagi para pecinta kopi tidak lengkap rasanya jika kalian belum pernah mencoba kopi Lampung. Kopi lampung sangat cocok apabila disebut sebagai salah satu kopi yang terbaik di Indonesia.kopi Lampung yang cukup terkenal yaitu kopi robusta. Perkebunan Kopi Lampung di dataran tinggi Lampung sebagian besar adalah perkebunan rakyat. Khususnya di daerah Tanggamus, Lampung Barat dan Lampung Tengah.

Data menunjukkan luas lahan tanaman kopi Kabupaten Lampung Barat mencapai 60,347,7 hektare lebih, dengan hasil kopi kering per tahun mencapai 29.712 ton per hektar/tahun. Provinsi Lampung merupakan eksportir kopi robusta terbesar Indonesia dengan volume 250 ribu—300 ribu ton per tahun dengan tujuan Eropa, Asia, Timur Tengah, dan Amerika Serikat.

Identitas Lampung sebagai produsen kopi robusta (Coffea canephora) dikenal sejak lama. Kopi dihasilkan dari berbagai sentra seperti Kabupaten Tanggamus, Lampung Barat, Lampung Utara, Way Kanan, dan Lampung Timur. Lampung merupakan penghasil kopi robusta terbesar di Tanah Air, dengan produksi rata-rata 100 ribu ton biji kering per tahun. Selain produksi yang besar, kopi robusta Lampung juga memiliki kekhasan cita rasa yang berbeda dengan kopi jenis serupa dari daerah lain.
Salah satu kopi Lampung kemasan  kebanggaan masyarakat Lampung adalah Kopi Bubuk Sinar Baru, Cap “Bola Dunia” yang juga menjadi salah satu usaha kopi bubuk tertua di Lampung yang masih bertahan. Awalnya usaha kopi bubuk ini dirintis tahun 1917.

Cukup sekian dulu ya artikel tentang kopi Lampung nya 😊
Bagi para pecinta kopi ayo cobain kopi Lampung pasti bakal ketagihan....
Sampai Jumpa di artikel selanjutnya yaaa 😉

Tidak ada komentar:

Posting Komentar